Jelang Ramadhan,Pengawasan Peredaran Daging Celeng DiTingkatkan

Jelang Ramadhan,Pengawasan Peredaran Daging Celeng DiTingkatkan - Hallo sahabat berita politik, berita politik indonesia terkini, berita politik nasional,berita politik 2018 , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Jelang Ramadhan,Pengawasan Peredaran Daging Celeng DiTingkatkan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Peristiwa, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Jelang Ramadhan,Pengawasan Peredaran Daging Celeng DiTingkatkan
link : Jelang Ramadhan,Pengawasan Peredaran Daging Celeng DiTingkatkan

Baca juga


Jelang Ramadhan,Pengawasan Peredaran Daging Celeng DiTingkatkan


Foto: Ilustrasi

Cilegon, Nolkm.com|| - Balai Karantina Pertanian (BKP) Kelas II Cilegon meningkatkan kualitas pengawasan terhadap peredaran daging celeng atau daging babi menjelang Ramadhan. Salah satu langkah pengawasan itu melalui razia yang dilakukan di Pelabuhan Merak, Rabu (3/5) malam sampai Kamis (4/5) dinihari. Pada kesempatan itu, setidaknya ada 56 unit kendaraan yang menyeberang dari Jawa menuju Sumatera atau sebaliknya diperiksa.

Kepala BKP Kelas II Cilegon, Heri Yulianto mengatakan, razia dilakukan dalam rangka mengawasi peredaran daging celeng menjelang bulan suci ramadan. Selain mengawasi daging celeng, pihaknya juga memeriksa kendaraan yang mengangkut tumbuhan dan hewan. "Tumbuhan dan hewan yang tidak sehat kan bisa membawa penyakit, jadi kita awasi," kata Heri kepada Banten Raya, kemarin.

Dijelaskan Heri, razia yang dilakukan di Pelabuhan Merak Rabu malam sampai Kamis dinihari dilanjutkan juga di Pelabuhan Cigading dan Pelabuhan Pelindo II kemarin siang hingga sore hari. Akan tetapi, razia yang dilakukan pihaknya tidak membuahkan hasil. "Puluhan kendaraan yang diperiksa, tidak ada daging celengnya atau hewan dan tumbuhan yang bisa membahayakan ketika dikonsumsi," jelasnya.


Ditambahkan Heri, razia di Pelabuhan Merak juga dilakukan bersama pihak Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Merak. Razia dilakukan di Dermaga II Pelabuhan Merak bagi kendaraan yang datang dari Pulau Sumatera, sementara kendaraan yang dari Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera diperiksa di Tol Gate Pelabuhan Merak. "Komoditas yang berhasil diperiksa semua memenuhi persyaratan, seperti pakan ternak, telur konsumsi, telur tetas dan burung," imbuhnya.

Kepala KSKP Merak, AKP Tesyar Rhofadli menerangkan, pemeriksan dilakukan terhadap angkutan barang, angkutan penumpang, kendaraan pribadi, dan pejalan kaki. Namun, dalam pemeriksaan tersebut tidak ada yang ditahan lantaran mayoritas                                                                                 memenuhi persyaratan kesehatan.

"Ada beberapa truk bawa pisang dan sayuran tidak dilengkapi dokumen, tapi barang yang dibawa tidak berbahaya jadi kita loloskan. Kasihan, sopir truk juga tidak tahu menahu barang itu karena disuruh bawain saja. Kalau memang semisal ada daging celeng atau bahan makanan berbahaya tentu akan ditahan," terangnya.

Menurut Tesyar, ada 56 kendaraan diperiksa yang melalui Pelabuhan Merak diperiksa. Angkutan barang menjadi prioritas pemeriksaan, tapi angkutan penumpang seperti bus juga diperiksa. Daging celeng dari Sumatera menuju Jawa juga bisa saja dibawa oleh bus di dalam bagasi. "Kalau hewan kan di Bakauheni diperiksa oleh karantina, di Merak juga harus lapor karantina. Kalau hasil tumbuhan yang ke Jawa diperiksa di Bakauheni saja, sebaliknya hasil tumbuhan dari Jawa diperiksa di karantina Merak saja," tuturnya.

Penumpang pejalan kaki, sambungnya, juga diperiksa karena dikhawatirkan membawa fauna yang bisa menularkan bibit penyakit. "Biasanya ada penumpang pejalan kaki yang membawa burung, tapi tadi malam tidak ada," ucapnya. (BR.c)


Demikianlah Artikel Jelang Ramadhan,Pengawasan Peredaran Daging Celeng DiTingkatkan

Sekianlah artikel Jelang Ramadhan,Pengawasan Peredaran Daging Celeng DiTingkatkan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Jelang Ramadhan,Pengawasan Peredaran Daging Celeng DiTingkatkan dengan alamat link https://aboutnewsindonesia.blogspot.com/2017/05/jelang-ramadhanpengawasan-peredaran.html

0 Response to "Jelang Ramadhan,Pengawasan Peredaran Daging Celeng DiTingkatkan"

Post a Comment