Gempa di Pidie Jaya Aceh Akibat Aktivitas Gempa Dangkal. Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa di Pidie Jaya Aceh Akibat Aktivitas Gempa Dangkal. Tidak Berpotensi Tsunami - Hallo sahabat berita politik, berita politik indonesia terkini, berita politik nasional,berita politik 2018 , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Gempa di Pidie Jaya Aceh Akibat Aktivitas Gempa Dangkal. Tidak Berpotensi Tsunami, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Peristiwa, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Gempa di Pidie Jaya Aceh Akibat Aktivitas Gempa Dangkal. Tidak Berpotensi Tsunami
link : Gempa di Pidie Jaya Aceh Akibat Aktivitas Gempa Dangkal. Tidak Berpotensi Tsunami

Baca juga


Gempa di Pidie Jaya Aceh Akibat Aktivitas Gempa Dangkal. Tidak Berpotensi Tsunami


Nolkm.com|| -Gempa Aceh terkini yang terjadi pagi tadi (7/12) pukul 05.03 WIB memiliki kekuatan 6,5 SR. Gempa tersebut mengguncang keras wilaya Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh. Letak gempa ada di 5,25 LU, dan 96,24 BT. Koordinat ini merujuk pada daratan yang ada di tenggara Kota Banda Aceh pada jarak 106 kilometer arah tenggara. Kedalaman gempa diperkirakan sekitar 15 kilometer di bawah tanah.
Beberapa wilayah yang terkena dampak gempa lebih kuat dialami daerah Busugan, Meukobrawang, Pangwabaroh, Meukopuue, Tanjong, Meukorumpuet, Panteraja, Angkieng, dan Pohroh. Tempat tersebut mengalami gempa dengan skala intensitas III SIG-BMKG (VI MMI).
Diungkapkan Moch. Riyadi selaku Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG dalam rilis tertulisnya, gempa dengan besaran tersebut menimbulkan beberapa dampak kerusakan. Kalau dilihat dari kedalaman hiposenternya, maka gempa di Pidie Jaya berjenis gempa bumi dangkal yang terjadi karena aktivitas sesar lokal.

“Seluruh wilayah ini diperkirakan berpotensi mengalami dampak gempa bumi berupa kerusakan ringan seperti retak dinding dan atap rumah bergeser,” kata Moch. Riyadi, seperti dikutip laman Republika.
Merujuk pada peta tatan tektonik di Aceh, zona gempa bumi terdapat struktur sesar mendatar. Sehingga, aktivitas gempa Aceh kali ini muncul karena aktivitas sesar mendatar (strike-slip fault).
Analisis kemunculan sesar aktif yang memicu gempa bumi ini teramati dari Sesar Samalanga-Sipopok Fault. Jalur tersebut barada pada arah barat daya ke timur laut. BMKG melihat ada aktivitas gempa susulan hingga lima kali dengan kekuatan 4,8 di area tersebut sampai pukul 5.30 WIB.
Dari pengamatan lanjutan diketahui bahwa aktivitas gempa susulan besarannya makin mengecil. Oleh sebab itu masyarakat jangan terpancing dengan isu-isu menyesatkan yang tidak bersumber resmi dari BMKG atau lembaga lain yang berwenang seperti BPBA. Gempa Aceh terkini di Pidie Jaya tidak berpotensi tsunami.


Sumber : http://sidomi.com


Demikianlah Artikel Gempa di Pidie Jaya Aceh Akibat Aktivitas Gempa Dangkal. Tidak Berpotensi Tsunami

Sekianlah artikel Gempa di Pidie Jaya Aceh Akibat Aktivitas Gempa Dangkal. Tidak Berpotensi Tsunami kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Gempa di Pidie Jaya Aceh Akibat Aktivitas Gempa Dangkal. Tidak Berpotensi Tsunami dengan alamat link https://aboutnewsindonesia.blogspot.com/2016/12/gempa-di-pidie-jaya-aceh-akibat.html

0 Response to "Gempa di Pidie Jaya Aceh Akibat Aktivitas Gempa Dangkal. Tidak Berpotensi Tsunami"

Post a Comment